Selasa, 30 Juli 2019

PENEMU DAN SEJARAH MESIN BUBUT

PENEMU MESIN BUBUT

Henry Maudslay adalah penemu mesin bubut pertama kali. Ia lahir di Woolwich,London,Brianiya Raya pada tahun 1771. Maudslay adalah seorang putra prajurit yang bekerja digudang senjata. Ia banyak sekali memiliki pengalaman kerja saat itu.
                                     Henry Maudslays                                                                  sumber gambar:  https://encrypted tbn0.gstatic.com

Selain seorang pekerja yang hebat, Henry Maudslay adalah seorang pengrajin. Ia memiliki kekuatan intuitif analisis mekanik dan dan rasa proporsi yang tidak banyak dimiliki beberapa orang. Mulai dari awal karirnya,ia telah menunjukan cara yang sederhana untuk mencapai tujuannya. Dia merupakan sosok favorit bagi rekan-rekannya karena pribadi yang sangat baik,terbuka,dan jauh dari kesombongan.

SEJARAH MESIN BUBUT

Banyak menjelaskan sejarah mesin bubut dikembangkan oleh Henry Maudslay.
     Gambar mesin bubut diawal masa penemuan
  Sumber gambar : https://encrypted-tbn0.gstatic.com
  Mesin bubut diawal pengembangannya
Sumber gambar : https://encrypted-tbn0.gstatic.com

Awalnya Henry Maudslay bekerja di toko pimlico. Dia meninggalkan toko pimlico karena Bramah pemilik toko tersebut tidak memberinya lebih dari 30 shilling per minggu. Henry Maudslay mulai membuka toko blacksmithing kecil dan toko makelar sendiri dekat wells, Oxford, yaitu dipinggir jalan kota london.


Perkembangan mesin bubut mengikuti perkembangan jaman yang semangkin canggih menggunakan komputerisasi (CNC)
Sumber gambar : https://encrypted-tbn0.gstatic.com

Mesin bubut modern dengan bagian-bagiannya
https://encrypted-tbn0.gstatic.com

Pelanggan pertamanya adalah seorang seniman yang memberinya perintah untuk membuat kuda-kuda besi. Bisnisnya makmur dan ia banyak menemukan pekerjaan. Salah satu diantaranya mesin blok portsmounth, pembangunan mesin tersebut sekitar delapan tahun 1800 - 1808 . Desain secara substansial itu dibuat oleh Brunel, tetapi Mr Nasmyth mengatakan setiap komponen itu penuh dengan ide  Henry Maudslay dari kesempurnaan rincinya,kepraktisan, dan adaptabilitas hal itu menunjukan hasil pekerjaannya di setiap kesempatan.
setelah kematian Henry Maudslay pada tahun 1831 bisnis dilanjutkan oleh putra dan cucu Henry Maudslay. sekrup pemotong bubut Maudslay paling dikenal. kemudian ,beberapa kombinasi sekrup dioprasikan gigi perubahan. Hal itu digunakan dalam beberapa bentuk di hampir setiap mesin bubut dan merupakan salah satu penemuan besar dalam sejarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROSES PEMBUATAN BAJA

       Baja adalah logam paduan,logam besi sebagai unsur dasar dicampur dengan beberapa elemen lainnya. Bahan baku baja adalah besi. Biji be...